KESEHATAN ADALAH NIKMAT YANG BESAR ==> THANK YOU FOR VISITING ==> KESEHATAN ADALAH NIKMAT YANG BESAR ==> THANK YOU FOR VISITING ==> KESEHATAN ADALAH NIKMAT YANG BESAR ==> THANK YOU FOR VISITING ==> KESEHATAN ADALAH NIKMAT YANG BESAR ==> THANK YOU FOR VISITING ==> KESEHATAN ADALAH NIKMAT YANG BESAR ==> THANK YOU FOR VISITING ==> KESEHATAN ADALAH NIKMAT YANG BESAR ==> THANK YOU FOR VISITING ==> KESEHATAN ADALAH NIKMAT YANG BESAR ==> THANK YOU FOR VISITING ==> KESEHATAN ADALAH NIKMAT YANG BESAR ==> THANK YOU FOR VISITING ==> KESEHATAN ADALAH NIKMAT YANG BESAR ==> THANK YOU FOR VISITING ==> KESEHATAN ADALAH NIKMAT YANG BESAR ==> THANK YOU FOR VISITING KESEHATAN ADALAH NIKMAT YANG BESAR ==> THANK YOU FOR VISITING ==> KESEHATAN ADALAH NIKMAT YANG BESAR ==> THANK YOU FOR VISITING ==>

Saturday, May 11, 2013

Manfaat protein bagi otak I menambah daya ingat


Sebagaimana kita tahu protein sangat berguna bagi otak kita, namun sebelum kita berbicara lebih jauh manfaat protein bagi otak maka sebaiknya kita harus tau dulu makanan yang mengandung protein.
1. Makanan yang mengandung protein
- Seafood

 
Umumnya seafood mengandung protein yang tinggi dan bagus bagi kesehatan, jika kita mengkonsumsinya dengan proporsional insyaallah tidak akan menambah kolestrol. Diantara seafood ini adalah ikan. Ikan sangat bagus bagi otak karena ikan mengandung omega 3, kaya asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan otak balita. Ikan juga mengandung Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B12, Zat Besi, Yodium, Selenium, seng, fluor.

 


- Daging
Untuk daging dari jenis unggas yang paling banyak proteinnya di dada. Seperti dada ayam misalnya. Dada ayam ini juga bagus untuk membentuk otot bagi atlit binaraga.
 


- Telur
 
Telur adalah sumber protein paling tinggi. Bahkan ada orang ketika kita singgung masalah protein langsung terbayang ke telur. Ini tidaklah aneh karena telur memang kaya protein. Pada telur yang banyak mengandung protein adalah yang putihnya. Untuk hidup sehat dalam sehari kita disarankan mengkonsumsi 1 butir telur, karena didalam telur mengandung 213 miligram kolesterol, sedangkan kolesterol yang sehat tidak sampai 300 miligram. Kalau direbus telur mengandung 6 gram protein.

 

- Kacang
 
Walaupun proteinnya tidak sebanyak pada daging dan ikan namun kacang-kacangan juga bisa menjadi alternatif untuk kebutuhan protein kita. Dan dengan mengkonsumsinya kita tidak akan menambah kolestrol dan kegemukan, apalagi berjerawat.

 




 
- Susu 
 
Susu memiliki kandungan nutrisi penting, seperti bermacam-macam vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc. Walaupun tidak memiliki protein yang banyak , protein dalam susu mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

 



 
- Udang
100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.

 







- Kedelai

Sebenarnya untuk kedelai kami sudah membahasnya secara terperinci pada postingan yang lain, namun karena memang pada kedelai juga mengandung banyak protein maka juga ikut kita bahas disini. Kedelai muda merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Protein didalam kedelai bisa membantu tulang kita tetap kuat, Nutrisi Kedelai, Nilai per 100 gram porsi makanan, Protein yang terkandung dalam kedelai adalah 35% – 43%, lebih tinggi dibanding beras, jagung, tapioka, kacang hijau dan telur ayam. Bagi orang dewasa . Yang umumnya membutuhkan sekitar 55 g protein hewani perhari, misalnya, hanya dengan mengkonsumsi sekitar 160 g kedelai, kebutuhan protein tersebut sudah terpenuhi.

2. Manfaat protein bagi otak
Otak kita mengontrol seluruh aktivitas tubuh termasuk emosi, kecerdasan, dan menyimpan memori. Untuk itu, penyakit yang menyerang sel otak atau neuron (neurodegenerative disease) seperti alzheimer, parkinson, dan Huntington dan Creutzfeldt-Jakob (CJD) berakibat fatal karena melumpuhkan fungsi kemanusiaan kita yang paling esensial itu.
Penelitian akhir- akhir ini menunjukkan bahwa penyakit-penyakit tersebut disebabkan oleh protein-protein tak berbentuk yang secara alamiah ada dalam sel itu namun berubah menjadi patogen dengan menunjukkan bentuk/strukturnya.
Pemahaman kita terhadap protein selama ini menyatakan bahwa protein selalu harus memiliki bentuk alias struktur agar dapat berfungsi. Protein adalah rantai asam amino dengan panjang minimal 50-an asam amino yang melalui proses pelipatan (folding) menemukan strukturnya yang unik. Keunikan yang dimaksud, dari 350 kemungkinan struktur yang ada (3 arah sumbu x, y, z dari 50 asam amino penyusun protein dengan ukuran terkecil), hanya satu yang dipilih.
Proses pelipatan ini demikian kompleks dan menyimpan banyak misteri sehingga kemampuan untuk kita melakukan rekayasa terhadap protein masih terbatas. Tidak heran, salah satu super komputer tercepat di dunia bernama Blue Gene yang dibuat oleh IBM, khusus diperuntukkan buat melakukan simulasi bagaimana protein melipat.
Sebagai enzim. Protein memiliki peranan yang besar untuk mempercepat reaksi biologis.
Sebagai alat pengangkut dan penyimpan. Protein yang terkandung dalam hemoglobin dapat mengangkut oksigen dalam eritrosit. Protein yang terkandung dalam mioglobin dapat mengangkut oksigen dalam otot.
Untuk Penunjang mekanis. Salah satu protein berbentuk serabut yang disebut kolagen memiliki fungsi untuk menjaga kekuatan dan daya tahan tulang dan kulit.
Sebagai Pertahanan tubuh atau imunisasi Pertahanan tubuh. Protein ini biasa digunakan dalam bentuk antibodi.
Sebagai Media perambatan impuls syaraf.
Sebagai Pengendalian pertumbuhan

Published by: Anonymous // 9:21 AM
Category:

0 comments:

Post a Comment

Mohon untuk menggunakan bahasa yang baik
terimakasih